posted by aryo tejo w on December 31, 2021

Perkembangan IT dalam teknologi programming web, sudah banyak sekali. Terutama sejak javascript atau JS, sudah bisa digunakan hampir di segala sisi web development. JS untuk sisi server, sudah dikenalkan dengan nodejs, sedangkan sisi pengguna ada react, vue , .. , dan angular.

Untuk angular merupakan kerangka kerja membuat web, sudah ada struktur file dan folder tertentu dengan fungsinya dalam projek angular. Yaitu sejak tahun 2016, angularjs 1.x diganti dengan suatu framework dengan basis TS, typecript. Adapun untuk versi 1.x belum suatu framework, masih berupa library yang didaftarkan seperti menggunakan file javascript JS lainnya, biasanya di atas penutup tag body  </body>. Mengapa berada di bawah script list code ? Kenapa tidak jadikan satu baris dengan file css, yang berada di tag header ?

Jawabnya, agar loading time web tidak terlalu lama,karena dibanding dengan file css yang lebih kecil, penempatan file JS di header akan mempengaruhi kecepatan web untuk tampil penuh.

Mengenai produk RK atau satufokus.com dalam web app, menggunakan salah satu library javascript angularJS utk versi 1.x dan framework angular utk produk selanjutnya.

Untuk menggunakan angular yang sekarang sudah versi 13, mula pertama harus instal dulu nodeJS. Silakan KLIK link ini https://nodejs.org/en/download/

Unduh file setup sesuai dengan kebutuhan operating system yang dipakai. Jika sudah selesai akan bisa dicek melalui, CMD utk windows. Atau command prompt , dengan ketik command prompt di bagian “type here to search”.

Pada CMD ketikkan: node –v ; akan muncul versi nodejs yang digunakan. Untuk punya penulis mempunyai versi V12.22.7 Tahap kedua , saya sarankan menginstal Visual Studio Code (VSC) ada yang versi community alias free atau yang berbayar, silakan memilih.

Adapun link unduhnya bisa di sini https://code.visualstudio.com/download Mengapa saya sarankan VSC ? disamping mempunyai terminal ( command prompt yang ada di fitur VSC ), juga mempunyai theme yang menarik, serta fitur autocorrect fitur lainnya

Tahap ketiga, installah Xampp untuk sisi server nya, yaitu php dan mysql nya. Silakan ke halaman ini https://www.apachefriends.org/download.html

 

contoh produk web app ;

http://digprint.satufokus.com    , untuk usaha digital printing dan advertising

{ { mempunyai fitur pengiriman pesan Whatsapp ke HP customer, nilai order sesuai transaksi.

mempunyai modul order yang bisa pembayaran tunai dan non tunai dalam 1 nota, mempunyai modul dan monitoring progress SPK -surat perintah kerja, mempunyai fitur export ke Excel tiap laporan} }

http://eadmin.satufokus.com  , untuk  usaha retail umum

{{ fitur idem }}

 

Leave a Comment

Fields with * are required.

Please enter the letters as they are shown in the image above.
Letters are not case-sensitive.